Selasa, 20 Desember 2011

Refleksi belajar Kelompok 5 TANAH


Kelompok 5 TANAH
Kelompok 5 terdiri dari: Neni Lusiana, Susan Aminah, Qurrhata A’yun serta Ilham Budi Setiawan. Hal hal yang dibahas dalam diskusi ini meliputi pengertian tanah, bahan penyusun tanah, tekstur tanah, profil tanah, organisme dalam tanah, topografi tanah, dan interaksi antara komponen biotik. berdasarkan diskusi yang telah dilakukan saya dapat mengetahui kalau tanah tenryata memiliki beberapa susunan. 

Berdasarkan hal tsb timbul Pertanyaan dari Audiens (Dimas), yaitu “Apakah setiap lapisan tanah (horizon O,B,A,dll) kandungannya sama?” kemudian pemateri menjawab bahwa setiap lapisan tanah itu memiliki kandungan yang berbeda-beda, diantaranya yaitu lapisan R(tidak mengandung mineral, mengandung batu-batu kerikil), A(humus), E(silikat, besi, eluminiuim), C(hanya terdiri dari sedimen). semakin kebawah lapisan horison maka bahan mineral tanah nya akan semakin berkurang, pada horison O dan A bahan mineral tanahnya akan semakin banyak kemudian pada Horizon E tanah akan mengalami menyaringan sehingga pada horizon R benar benar minim mineral tanah.
kemudian pertannyaan kedua dari saya sendiri (indri) yaitu "Mengapa semakin bawah lapisan tanah semakin sedikit organismenya dan pada lapisan apa akar bisa menembus pada kedalaman tanah?” Pemateri menjawab bahwa penancapan akar suatu tanaman dalam tanah hanya sampai pada horizon E karena kandungan yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme hanya sampai horizon E. semakin dalam tanah maka bahan mineral tanah, kandungan kimia tanah akan semakin berkurang, sedangkan organisme memerlukan bahan bahan tersebut untuk menunjang hidupnya,sehingga organisme dalam tanah banyak diketemukan di horizon O,A dan B. Pada horizon B unsur anorganik yang dibutuhkan tanaman semakin sedikit dan lebih banyak mengandung unsur organik sehingga akar tanaman hanya bisa bertahan dan menancap pada horizon E saja. Dalam hal ini, audiens juga menambahkan bahwa penancapan akar dipengaruhi oleh penembusan peresapan air yang mempengaruhi struktur tanah itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar